Sabtu, 26 November 2011

MENULIS MAKALAH


BAB I
PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang
                                                                  Makalah adalah sebuah karya tulis ilmiah mengenai suatu topik tertentu yang mencakup dalam ruang lingkup permasalahan.

B.       Batasan Masalah
         Kajian tentang menulis makalah sangat luas maka dari itu kami membatasi kajian ini, meliputi :
1.      Pengertian makalah
2.      Persiapan penulisan makalah
3.      Sistematika penulisan makalah
4.      Ciri – ciri makalah

C.      Tujuan
        Dengan makalah ini diharapkan mahasiswa dapat menambah wawasan tentang cara menulis makalah yang baik dan benar. Selain itu makalah ini bertujuan untuk memenuhi tugas dari dosen pembimbing.



BAB II
PEMBAHASAN

A.    Pengetian makalah
Makalah adalah sebuah karya tulis ilmiah mengenai suatu topik tertentu yang mencakup dalam ruang lingkup permasalahan.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia ( makalah ) merupakan tulisan resmi tentang suatu pokok yang dimaksudkan untuk dibacakan di muka umum dan yang sering disusun untuk dibukukan. Sedangkan dalam lingkungan pendidikan makalah merupakan karangan dari hasil penelitian atau observasi tentang sebuah ilmu tertentu.
Makalah yang sering digunakan dalam karya tulis ilmiah yaitu:
1.      Common paper, makalah yang dibuat secara deskriptif dan dengan mengemukakan berbagai aliran dan pendapat serta diperlukan argumentasi untuk mempertahankan suatu aliran atau pendapat tersebut.
2.      Position paper, makalah yang dibuat untuk menunjukkan penguasaan pengetahuan serta di pihak mana penulis berdiri dan diperlukan sintesis juga evaluasi dalam penyusunannya

B.     Persiapan penulisan makalah
Dalam membuat suatu makalah hendak nya dapat memperhatikan penyusunan berikut :
1.      Persiapan
a.       Mengumpulkan dan membaca buku-buku untuk memilih dan menentukan topik
b.      Membaca buku-buku untuk memperluas pengetahuan yang berhubungan dengan topik yang telah terpilih mengembangkan kerangka makalah
2.      Penulisan
Kegiatan pengembangan kerangka makalah menjadi sebuah makalah
3.      Pemeriksaan (Revisi)
Pemeriksaan terhadap isi dan penggunaan  kata, kalimat, ejaan, dan tanda baca
4.      Pertimbangan dalam Memilih Topik
a.       Topik harus bermanfaat;
b.      Menarik dan sesuai dengan minat penulis;
c.       Topik harus dikuasai penulis;
d.      Tersedia sumber-sumber informasi dan bacaan

C.    Sistematika Penulisan Makalah
Penulisan makalah disusun per bab. Bab-bab tersebut terdiri atas:
1.      Bab I Pendahuluan (Batang Tubuh Makalah)
Bab ini terdiri atas:
a.       Latar belakang, yang berisi alasan mendasar pemilihan topik. Dapat berupa paparan teoritis maupun paparan praktis, tetapi jangan libatkan alasan yang bersifat pribadi atau alasan subjektif.
b.      Masalah atau topik bahasan, berisi intisari topik yang ingin dibahas, gunakan bahasa yang singkat dan jelas.
c.       Sistematika penulisan, berisi garis besar yaitu apa yang ditulis mulai dari pendahuluan, isi, sampai penutup.
d.      Tujuan penulisan, berisi maksud tulisan, apa yang ingin dicapai dan deskripsi sasaran penulisan.
2.    Bab II Pembahasan
Bab ini berisi penjelasan tentang topik dan sub bagian dari topik dengan menyertakan data – data pendukung atau referensi.
3.    Bab III Penutup
Bab ini terdiri atas:
a.       Kesimpulan,
Berisi intisari dari hasil pembahasan dalam kalimat yang jelas. Anda juga dapat menuliskannya dalam bentuk poin-poin.
b.      Implikasi,
Berisi dampak yang mungkin timbul dari pembahasan anda. Poin implikasi ini boleh disertakan, boleh juga tidak.
c.       Saran,
Berisi tentang rekomendasi atau tindak lanjut kepada pihak-pihak terkait.
4.      Daftar Pustaka
Berisi catatan semua sumber yang Anda pergunakan dalam menulis makalah.
5.      Lampiran
Berisi hal-hal yang bersifat pelengkap yang dipakai dalam proses penulisan makalah. Seperti data yang berupa angka, grafik, atau deskripsi verbal yang dianggap sangat penting. Bagian ini tidak dimasukkan dalam batang tubuh makalah. Jangan lupa untuk member nomor halaman pada bagian lampiran ini.

D.    Ciri - Ciri Makalah
Secara umum, makalah yang bagus (berkualitas tinggi) memiliki ciri umum sebagai berikut:
1.      Akurat Dan Menyeluruh (Comprehensive). 
Artinya, makalah tersebut menyajikan fakta dan gagasan secara akurat, dan membahas masalahnya secara lengkap dan tuntas.  Makalah tersebut juga telah mengantisipasi pertanyaan-pertanyaan yang akan diajukan calon pembaca mengenai topik tersebut dan kemudian menjawabnya dengan baik.
2.      Memiliki Sumber Informasi Yang Baik. 
Ini adalah ciri yang paling penting dari setiap makalah.  Makalah yang bagus mengakui sumbangan penulis lain yang karyanya tentang topik itu telah diterbitkan.  Tidak melakukan hal itu dianggap sebagai praktek kesarjanaan yang buruk.  Makalah tersebut menggunakan sumber informasi yang beragam (semakin banyak semakin baik). 
Untuk semua fakta dan gagasan yang bukan merupakan karya asli penulis makalah diberikan kutipan.  Kutipan langsung digunakan secara jarang, dan dipilih untuk memberikan ilustrasi gagasan penulis lain dalam bahasa mereka sendiri.  (Penjelasan tentang kutipan dan rujukan lebih lanjut akan diberikan di bawah.).
3.      Seimbang. 
Ini berarti bahwa makalah tersebut membahas fakta, gagasan, dan sudut pandang yang dibicarakan secara obyektif dan seimbang, dengan memperhatikan kekuatan dan kelemahan masing-masing.  Makalah yang bagus mungkin bersikap kritis terhadap karya tulis sebelumnya, tetapi tidak memberikan kitik tanpa dasar dan menyerang secara ad hominem1  kepada penulis lain.
4.      Kreatif. 
Kreatif  dalam pengertian ilmiah berarti bahwa makalah tersebut tidak sekedar menyajikan fakta belaka, tetapi ini tidak berarti bahwa informasi yang disajikan itu “dikarang” atau tidak berdasarkan fakta.  Dalam makalah yang berkualitas, fakta-fakta itu ditata, dianalisa, dipadukan, dan digunakan sebagai dasar kesimpulan dengan cara yang inovatif, kreatif, dan orisinal.
5.      Secara Teknis, Penulisannya Benar
Ini berarti bahwa makalah tersebut terbebas dari kesalahan gaya bahasa, tatabahasa, tanda baca, penggunaan kata, dan ejaan.  


6.      Tertata Dengan Baik. 
Ini berarti bahwa makalah tersebut memiliki tujuan yang jelas.  Dalam makalah yang berkualitas, materinya ditata secara logis, dengan kata-kata transisi yang baik di antara bagian-bagiannya dan dengan kecepatan yang tepat.  





BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Makalah merupakan karya tulis ilmiah mengenai suatu topik tertentu yang mencakup dalam ruang lingkup permasalahan. Dalam membuat suatu makalah hendak nya dapat memperhatikan penyusunan berikut :
a.      Persiapan
b.      Penulisan
c.      Pemeriksaan (Revisi)

B.     Saran
Demikian yang dapat kami  paparkan mengenai materi yang menjadi pokok bahasan dalam makalah ini, tentunya masih banyak kekurangan dan kelemahannya, kerena terbatasnya pengetahuan dan kurangnya rujukan atau referensi yang ada hubungannya dengan judul makalah ini.
Kami banyak berharap kritik dan saran yang membangun kepada kami demi sempurnanya makalah ini.  semoga makalah ini berguna bagi kami pada khususnya juga para pembaca yang pada umumn.
        




DAFTAR PUSTAKA

Ridwanaz. 2011. Pengertian Dan Panduan Atau Petunjuk Teknik Menulis Makalah, (Online). http://ridwanaz.com/akademik/pengertian-dan-panduan-atau-petunjuk  teknik-menulis-makalah/. Diakses 11 November 2011
Ilvandri.2011. Makalah. (Online). http://ilvandri.wordpress.com/2011/03/10/ makalah/ #more-109. Diakses 11 November 2011
Rahmatrijaluncomputerbiak. 2011. Tata Cara Penyusunan Makalah dan Karya Tulis. (Onlione).  http://rahmatrijaluncomputerbiak.wordpress.com/2010/01/20/tata-cara-penyusunan-makalah-karya-tulis/. Diakses 11 November 2011
Pendidikanislam. 2011. Pendidikan Islam. (Online). http://pendidikanislam.net /index.php/untuk-siswa-a-mahasiswa/37-trampil-belajar/104-ciri-ciri-makalah-yang-bagus-. Diakses 11 November 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar